Pentingnya Mengetahui dan Menciptakan Personal Branding Anda

SHARE

Apakah Personal Branding itu ?

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika ada pertanyaan Indonesia , kemasan , air ?

AQUA, yes, pasti itu jawaban Anda

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika ada pertanyaan Indonesia, kemasan, kardus, mie ?

INDOMIE, yes , pasti itu juga jawabannya

Sebegitu kuatnya branding produk yang dilakukan sehingga kesannya begitu menancap kuat di seluruh masyarakat Indonesia. Nah, itulah yang disebut Product Branding.

Branding tidak hanya dibutuhkan untuk produk saja tapi juga dibutuhkan untuk diri kita. Untuk apa ? untuk memasarkan diri kita, keahlian kita dan kemampuan yang kita miliki.

Personal Branding adalah kesan yang dibangun secara sengaja atau tidak sengaja untuk menampilkan citra diri.

Kesan dalam personal branding bisa dibentuk dari nilai, keahlian, perilaku ataupun prestasi.

Contoh personal branding yang terbentuk dari nilai misalnya orang yang semangat, orang yang sabar, orang yang taat ibadah.

Contoh personal branding yang terbentuk karena keahlian misalnya engineering yang hebat di bidang konstruksi, accountan yang hebat, MC yang popular, Ustadz yang hafal banyak hadist, Actor yang piawai , pandai memasak dan sebagainya

Contoh personal branding yang terbentuk karena perilaku misalnya orang yang amanah, orang yang suka kerja keras, orang yang  rajin, orang yang suka menolong dll

Contoh personal branding yang terbentuk karena prestasi misalnya pemain bola, pemain basket, penemu suatu teori dll

Yuk, sadari dan ciptakan Personal Branding kita !

Coba kita tanya pada diri kita, “ Seperti apa pandangan kita terhadap diri kita sendiri?”

Panik, pemarah, sabar atau plin plan atau bagaimana ? itulah branding diri kita yang sebenarnya. Kadang kita tidak sadar membranding diri kita dengan sesuatu yang buruk misalnya pemarah, panikan, plin plan dan sebagainya. Itu adalah salah satu hal yang salah dan harus kita benahi. Kita harus mulai memperbaiki personal branding diri kita dengan sesuatu yang baik misalnya rajin, semangat, sabar, sopan, tegas, pintar dan sebagainya.

Bila kita menyadari personal branding kita masih buruk yuk segera kita perbaiki dan kita ciptakan personal branding kita menjadi lebih baik.

Untuk memulainya tentunya harus dimulai dari pikiran kita yang selalu positif thinking dan mengucapkan hal-hal yang positif

Bagaimana menentukan Personal Branding ?

Mungkin kita memiliki banyak keahlian yang bisa lakukan. Namun dari seluruh keahlian itu tentunya hanya beberapa yang kita mahir. Misalnya kita bisa memasak, menjahit, mengajar, menulis, olahraga, marketing. Namun pastinya dari seluruh kebisaan tersebut tidak semuanya kita unggul. Nah, untuk menentukan personal branding apa yang pas, maka kita harus pilih yaitu bagian yang paling bisa dan paling kita kuasai. Fokus pada hal yang paling bisa dan paling kita kuasai adalah salah satu cara menentukan personal branding.

Apa manfaat Personal Branding ?

Dengan personal branding tentunya kita bisa mengenalkan diri kita kepada orang lain tentang apa kebisaan dan keahlian kita. Misalnya saya seorang MC dan setiap ada event MC saya selalu posting foto-foto saya dengan caption di sosial media maka orang akan mulai mengenal dan tau bahwa saya seorang MC. Dengan demikian, apabila nantinya ada kebutuhan MC maka akan ada peluang untuk saya dihubungi sebagai MC sebuah acara.

Dengan memiliki personal branding yang baik tentunya akan menumbuhkan kepercayaan dari teman, mitra bahkan orang-orang yang baru kita kenal. Hal ini pastinya akan membuat mereka nyaman bekerja dengan kita dan mereka yakin untuk menyerahkan tugas atau pekerjaan kepada kita.

Setelah orang percaya dengan personal branding kita yang baik maka yakinlah partner kita akan mereferensikan kita kepada orang lain. Hal ini tentunya akan meluaskan network / jaringan koneksi kita.

Referal dari partner kita kepada orang lain ini adalah salah satu strategi marketing yang ampuh sehingga kita tidak memerlukan banyak cost untuk marketing kemampuan diri kita dan kredibilitas akan dikenal semakin luas. So, ternyata penting banget ya personal branding itu.